Konsep Aktivitas Sosial yang Saya Rencanakan


Sebenarnya ini adalah rencana lama. Tetapi belum sempat terealisasi. Saya ingin sekali membuat sebuah sanggar kegiatan anak. Dimana anak-anak dapat bermain, bersosialisasi, belajar banyak hal sesuai minatnya.


Tapi, untuk di awal, saya ingin sekali membuat perpustakaan bergerak. Keliling kampung dengan sepeda. Kenapa dengan sepeda? Karena saya suka bersepeda. Demikian juga anak-anak, jadi bisa melibatkan mereka dalam projek ini. Begitu juga membaca, anak-anak paling suka membaca bersama-smaa, apalagi dibacakan. Dulu, waktu di Lhokseumawe, sebulan sekali saya mengundang anak tetangga untuk membaca bersama. Kemudian meminta mereka membaca bergantian dan menceritakan kembali apa yang mereka baca. Kemudian, kami juga bikin kegiatan bermain bersama. Mulai dari memasak sampai bermain dengan origami, plastisin dan slime. Setelah itu diakhiri dengan makan-makan. Makannya bawa masing-masing, kita mencoba budaya Aceh yang sudah terkikis, yaitu 'meramin', makan nasi bersama di tengah alam terbuka. Seperti piknik.


Kelak, di sini, saya juga ingin memulai seperti itu. Mulai melibatkan anak tetangga lebih dulu. Kebetulan komplek tempat tinggal saya ini, anak-anak tidak saling kenal. Jadi saya harapkan wadah ini bisa menjadi ajang mereka membangun hubungan pertemanan.

Tentunya, hubungan pertemanan yang berkualitas dan penuh edukasi. Bukan hanya pertemanan yang sebatas kenal saja. Lebih dari itu juga menjalin ukhuwah dan mempererat tali silaturahmi antar tetangga. Ke depannya, diharapkan bisa menjadi tim kompak mewarnai desa agar menjadi desa yang penuh warna edukatif. 


Di samping itu, dalam program ini bisa juga melibatkan tim sejuta cinta IPAceh. Mereka bisa menjadi penyedia buku. Relawan yang menghadirkan program-program edukasi yang menarik dan sebagainya. 


Demikian rencana proyek keluarga idaman saya. Semoga kelak bisa terlaksana dengan baik atas dukungan semuanya.


#materi4

#empati

#charity

#filantropi

#sustainability

#habituasisejutacinta

#SejutaCinta

#IbuProfesional

@sejutacintaibuprofes





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hokben, Pilihan Keluarga Kita

Menjadi Mentor Menulis

Liburan ke Takengon