Tugas 3 Habituasi SC Ibu Profesional

Perilaku Lingkungan Yang mengkhawatirkan

Sudah lama saya memperhatikan lingkungan sekitar. Baik yang terdekat, maupun yang harus saya jangkau dengan kendaraan. Khususunya desa Gla Meunasah Baro, tempat saya tinggal dan Banda Aceh pada umumnya.

Ada beberapa poin yang membuat saya khawatir dan ingin melakukan sesuatu di sini.

1. Distribusi pembuangan sampah yang masih sembarangan.
2. Kurangnya minat baca dan belajar pada masyarakat.
3. Kurangnya kemauan berbagi satu sama lain.
4. Kurangnya kemampuan memahami Alquran. Terutama membaca Alquran dengan tajwid yang benar.
5. Kurangnya kesadaran para ortu tentang bahaya gadget sehingga mengizinkan anak bermain handphone berlebihan.

Sampai sekarang,  saya belum melakukan apa-apa. Masih sebatas doa saja. Walau, tentu saja saya punya cita-cita ingin sekali berbuat dalam rangka menjadi changing maker diantara ke 5 hal yang telah saya perhatikan dalam masyarakat sekitar saya.

Dalam bayangan saya, ingin sekali saya memiliki proyek keluarga yang melibatkan anggota keluarga saya. Misalnya tentang sampah yang belum terbangun kesadaran untuk meletakkan pada tempatnya. 

Ingin sekali saya membuat suatu gerakan sadar sampah kepada masyarakat. Sehingga awarness masyarakat dalam membuang sampah terbangun. Mereka jadi tidak membuang sampah lagi sembarangan. Seperti yang terjadi sekarang. Mau mensortir sampah mereka. Sehingga tidak semua dibuang. Jadi, semacam gerakan Go Green. 


Yang kedua, saya ingin membuat pustaka bergerak. Dalam kegiatan pustaka bergerak itu, saya akan meminjamkan buku kepada anak-anak secara berkeliling dalam waktu tertentu. Misalnya hari Minggu. Selain meminjamkan buku, ingin juga menghadirkan dongeng buat anak-anak agar dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan pada mereka. Selain itu juga dapat meminimalisir penggunaan gadget setiap hari pada anak-anak.

Saya juga ingin sekali mengajak ibu-ibu terutama di komplek perumahan saya tinggal agar meluangkan waktu belajar cara membaca Alquran dengan baik dan benar. 

Mungkin itu saja rencana saya ke depan. Harapannya hal itu dapat terwujud. Walau belakangan sering terkendalam waktu dan persiapan.

Semoga kelak bisa diwujudkan demi keadaan masyarakat yang lebih baik lagi. Aamiin.

#materi3
#empathy
#charity
#filantropi
#sustainability
#kelashabituasisejutacinta
#ibuprofesional
@sejutacintaibuprofesional


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hokben, Pilihan Keluarga Kita

Menjadi Mentor Menulis

Liburan ke Takengon